Banyak sekali para penjual yang membuat website atau blog, mereka menampilkan semua barang dagangan dan brand-nya. Sayangnya hanya sebatas itu. Padahal di dalam website atau blog banyak sekali konten yang bisa ditampilkan, dan punya dampak besar. Contohnya, konten berupa artikel. Tentu hal ini akan berpengaruh ke jumlah pengunjung hingga jumlah pembelian.
Berikut ini, Ada 5 hal yang harus diperhatikan sebelum memulai menulis konten:
1. Jangan menulis untuk diri sendiri
Ingat, tujuan kamu membuat website atau blog adalah untuk berjualan dan memasarkan produk. Buatlah artikel atau konten yang memang bermanfaat untuk para customer, khususnya calon customer. Buatlah artikel sesuai kebutuhan mereka dan berhubungan dengan produk yang kmau jual. Jangan sampai kamu malah curhat di blog jualanmu, karena mereka sama sekali tak akan peduli, dan mungkin malah berkomentar negatif..
- Menulis blog juga butuh strategi!
Jangan hanya membuat strategi untuk memasarkan produk kamu, membuat artikel atau konten juga butuh strategi. Biasakan lah merencanakan konten atau artikel yang akan kamu buat. Bahas lah beberapa kategori topik dalam seminggu sehingga para pengunjung tidak merasa bosan mengunjungi blog atau website kamu. Topik yang dibahasa bisa beragam, seperti tips, kuis hingga trend tentang dunia yang berhubungan dengan produk kamu. Kamu juga bisa menciptakan beragam infografis yang berhubungan dengan produk kamu dan bermanfaat bagi customer kamu, dan munculkan topik-topik tersebut dengan terjadwal setiap minggunya.
- Ciptakan gaya bahasa yang berkarakter
Jika ingin blog-mu sejalan dengan komunikasi brand kamu, buatlah gaya bahasa yang sesuai dengan karakter brand kamu sendiri. Jika pasar untuk produk kamu adalah anak muda, gunakan gaya bahasa yang santai dan menghibur. Gunakan humor atau hal-hal yang sedang trend di kalangan anak muda. Dan jangan lupa untuk memikirkan gaya bahasa apa yang cocok untuk menyapa para pengunjung dan customer kamu. Contoh paling mudahnya, dengan memanfaatkan nama brand kita untuk menyapa, jika kebetulan brand kamu adalah produk celana chino khusus pria bernama The Sobers , Anda bisa menyapa para customer kamu dengan panggilan “Sob”.
- Buatlah konten yang interaktif
Pola komunikasi satu arah dan pasif sudah berlalu. Sekarang zamannya bentuk komunikasi yang interaktif. Customer ingin juga didengar, dan kamu pun perlu tahu apa yang ada di benak mereka. Buatlah Artikel yang mengundang komentar. Kamu bisa menanyakan pendapatan mereka di akhir artikel kamu. Tentunya harus diikuti dengan topik yang menarik atau pun yang mengundang kontroversi. Dengan konten yang interaktif, blog dan website Anda akan lebih humanis dan punya value lebih di mata para pengunjung dan customer kamu.
- Jangan Boros kata
Idealnya, jumlah kata sebuah artikel blog antara 300 sampai 500 kata. Jika kamu menulis lebih dari itu, pastikan tulisan kamu benar-benar menarik untuk dibaca. Ingatlah bahwa orang-orang lebih cenderung membaca artikel atau berita secara sepintas atau untuk mendapatkan premisnya, pastikan kamu menggunakan kata-kata seefisien mungkin. Selamat menulis, Bro!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar